makanan-sehat-untuk-penyakit-paru-paruSemua makhluk hidup angat memerlukan makanan, karena makanan sendiri meupakan sumber tenaga. Makanan yang dimakan bagi tubuh merupakan dampak terhadap berapa banyak energi yang bisa kita dapatkan dan juga berapa banyak karbon dioksida yang dihasilkan. Nafas merupakan sebuah zat yang dihasilkan dari karbon dioksida. Karena itu tubuh akan merasa lemah apabila didalam tubuh terdapat banyak karbon dioksida.

Bagi penderita penyakit paru-paru seperti asma, tuberkulosis, penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK) dan bronkitis dibutuhkan banyak energi dalam bernafas. Bagi penderita tersebut sangat membutuhkan kalori yang banyak dari pada orang yang sehat atau normal terhadap bernafas.

Berikut tips yang akan kami berikan dan juga saran untuk penderita penyakit paru-paru untuk mengkonsumsi makanan yang seimbang.

1.  Keseimbangan selalu terjaga

Bagi sebagian orang dalam melakukan diet yang sehat tentunya mengkonsumsi makanan yang beragam. Terutama protein rendah lemak yaitu daging unggas dan juga ikan yang mempunyai kandungan asam lemak omega3 salahsatunya salmon. Hal yang lainnya sebaiknya makan yang mengandung karbohidrat seperti gandum, biji-bijian dan beras merah, karena kaya akan serat yang tinggi yang mampu dan membantu dalam meningkatkan fungsi pencernaan. Namun makanan lain harus tetap dikonsumsi antara lain sayuran dan buah-buahan karena mengandung mineral, vitamin dan juga serat untuk membantu kesehatan tubuh kita.

2.  Hindari makanan ini

Untuk menghindari perut kembung sebaiknya menjaga makanan yang bisa menghasilkan gas, karena itu sebaiknya hindari makanan bernutrisi rendah dan juga makanan yang berlemak.

  • Garam. Apabila mengkonsumi terlalu banyak garam kemungkinan kita akan mengalami kekurangan air yang dapat berpengaruh terhadap kita bernafas. Karena itu alangkah baiknya mengkonsumsi makanan yang sedikit garam ataupun tanpa garam dalam pembuatannya.
  • Buah-buahan. Perut kembung dapat disebabkan di dalam buah-buahan terutama buah alpukat, apel dan juga melon, karena akan menimbulkan sesak nafas terhadap penderita penyakit paru-paru.
  • Sayuran. Didalam sayuran ternyada ada kandungan yang memicu terjadinya gas, akan tetapi tergantung dalam pemroresan didalam tubuh kita sendiri. Yang menyebabkan terjadinya gas terdapat pada kubis, kembang kol, jagung, daun bawang, kacang polong, paprika, dan juga kedelai semuanya berjenis kacang-kacangan.
  • Susu. Bagi anda yang mengalami alergi Susu dapat berdampak terhadap kesehatan yaitu dapat memperparah batuk berdahak antaralain keju.
  • Coklat. Apabila anda yang sedang meminum obat sebaiknya hindari makanan coklat ini karena terdapat kandungan kafein. Karena itu sebaiknya konsultasikan kepada dokter.
  • Makanan dengan cara digoreng. Mengkonsumsi makanan gorengan ternyata dapat menyebabkan gas dan juga mengganggu terhadap pencernaan. Karena itu sebaiknya segera hindari makanan dengan cara digoreng.

3.  Memperhatikan minuman

Disarankan bagi penderita penyakit paru-paru sebaiknya mengkonsumsi minum air putih anta enam sampai delapan gelas dalam satu hari. Dan hindari minuman yang mengandung kafein, bersoda dan juga alkohol.

Untuk itu bagi anda yang melakukan diet sebaiknya dijaga dengan baik, karena ini juga berkaitan terhadap penyakit paru-paru. Dan juga perhatikan jangan sampai terjadi obesitas terhadap tubuh anda.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang kami sajikan untuk bisa anda coba. Terimakasih anda telah membaca artikel kami semoga bermanfaat.